Belajar Networking

Belajar networking adalah salah satu bagian dari usaha ku untuk belajar internet, belajar memahami mengenai dunia internet dengan lebih baik. Elo-elo juge pasti sudah pada tau, internet juga merupakan suatu networking, suatu jaringan yang melingkupi wilayah yang sangat luas.
Aku mempunyai dugaan, dan menurut wangsit yang aku dapat ... (hehehe) networking itu adalah nenek moyangnya internet... tolong di protes kalo salah!!
Nah... saudara-saudara sekalian, bapak, ibu, adek, a'ak.. jadi sudah sepantas dan selayaknyalah bahwasanya jika kita juga kudu harus dan musti belajar tentang networking.
Karena menurut wangsit yang aku dapat, dunia networking akan menjelajahi dan menguasai segala bidang. Baik bidang datar maupun bidang miring... (becanda mulu nih... ho'oh, obat stress.. daripada mikirin income adsense yang sereeeets).
Btw.. sekarang kita akan mulai belajar tentang networking. Harap dicatat dan dingat.. posisi saya disini bukanlah seorang instruktor, guru, master, pengajar, atau sejenisnya.
Posisi ku disini adalah teman seperjuangan, teman seperjalanan, teman yang ingin berbagi sedikit pengetahuan. Jadi kalo ada yang merasa wilayahnya terganggu.. mohon di ampuni diriku yang lemah ini... hehehee..hik... anyway.. let's the fun begin...

Memahami Networking

Apa itu networking? Hayoo.. siapa yang tau boleh unjuk gigi.... Yup.. betul. Sebuah network tidak lebih, tidak lain, dan tidak bukan adalah dua buah komputer atau lebih yang saling berbagi informasi, misalnya dokumen, resource-resource (printer, scanner, media penyimpanan, etc.) Tuh.. liat.. komputer aja mau berbagi dengan sesamanya...
Dalam banyak kasus, hubungan antara sesama jenis ini.. eh... maksudnya sesama komputer ini biasanya terjalin melalui kabel-kabel elektronik yang akan mengirimkan informasi dalam bentuk sinyal.
Tapi dalam kasus lain, komunikasi ini juga bisa terjalin dengan cara yang berbeda, misalnya menggunakan serat fiber optik yang menggunakan sinyal berbentuk cahaya.
Kasus lainnya adalah menggunakan sinyal radio, ini biasanya disebut wireless. Sampai disini ada pertanyaan??
Setiap network, baik dalam skala yang besar maupun kecil, membutuhkan sarana atau biasa disebut hardware.
Kalo network yang kecil-kecilan sih paling cuman butuh network card sama kabel doang. Tapi kalo untuk network dalam skala yang besar, pasti membutuhkan alat yang lebih banyak, misalnya routers atau repeaters, dan lain-lain.
Nah.. kira-kira alat apa saja yang kita butuhkan untuk membangun sebuah network?
Berikut ini beberapa peralatan dasar yang biasanya dibutuhkan untuk membangun sebuah network:
  • Komputer client: Yaeto.. komputer yang digunakan oleh user untuk mengakses sumber-sumber yang terdapat di network. Yup, betul.. komputer yang sedang elo pake sekarang (ini kalo elo ngenet dari warnet, lab di kampus, dan sejenisnya).
  • Komputer server: Komputer inilah yang menjadi pihak penyedia sumber-sumber yang dibutuhkan oleh komputer client. Sumber-sumber ini misalnya.. printer, scanner, media penyimpanan (hardisk), atau koneksi ke internet.
Komputer server ini biasanya menggunakan sistem operasi yang memang dibuat khusus untuknya, contohnya .. Windows Server 2003, Linux, Unix, Netware, etc.
  • Network interface cards (NICs): Yaitu alat yang terpasang pada setiap komputer yang ingin terhubung ke network. Alat inilah yang membuat komputer tersebut bisa berhubungan dengan sesamanya, istilah kerennya.. Gaul meeen...
Komputer-komputer keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan network card ini. Jadi elo kaga perlu repot lagi.
  • Kabel: Setiap komputer yang terhubung dengan network biasanya dihubungankan secara fisik menggunakan kabel ini. Akan tetapi... seperti sudah kamu baca diatas, bahwasanya selain menggunakan kebal eh.. kabel.. ada juga beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk membuat sebuah network, misalnya ..
  • Wireless Network: Dengan wireless networking ini, kita olang tida pelu pake kabel lagi aa... haiyaa... jadi gampang ooo.. oe..oe..oe.. Dengan wireless network, kita menjadi lebih mudah kalo ingin membuat sebuah networking.
Kita tidak perlu direpotkan oleh kabel-kabel yang berseliweran kesana kemari seenak perutnya. Kita juga akan mempelajari wireless ini lebih jauh di episode mendatang.
  • Network Software: Selain hardware atawa perangkat yang keras-keras, tentunya kita juga membutuhkan perangkat yang lunak-lunak atawa biasa disebut software.
Software ini dibutuhkan untuk mengatur berbagai sumber dan perangkat yang terhubung dalam network.

Ngapain Repot-repot Belajar Networking?

Mungkin ada benarnya gosip-gosip yang pernah kamu dengar selama ini. Membuat, mengatur sebuah network itu sulit dan merepotkan, jadi kenapa harus repot-repot mempelajarinya dan membuatnya.
Akan tetapi ... aku yakin koe pasti akan sangat senang jika sudah mengetahui, memahami, menghayati, merasakan, dan menikmati keuntungan yang bisa koe dapet dari sebuah networking... oyeaaa.. bebe..
Kemudian dengan agak sedikit sinis serta muka sedikit sadis kanu berkata "Kalo gitu.. apa coba manfaat yang bisa didapat dari sebuah networking?"
Dengan lemah lembut dan penuh kesabaran aku mencoba untuk menjawabnya... berikut ini beberapa menfaat dasar yang bisa didapat dari sebuah netwoking.
  • Berbagi Informasi: Dengan networking, akan memudahkan kita untuk bertukar informasi, misalnya bertukar file atau dokumen. Bahkan menurut desas-desus yang aku dengar, dengan networking, beberapa orang atau komputer bisa menggunakan satu file secara bersamaan.
Misalnya suatu dokumen dikerjakan oleh dua orang atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Misalnya si A mengerjakan Bab I dan si B mengerjai Bab II pada dokumen yang sama, kira-kira begitulah bunyinya...
  • Berbagi Sumberdaya/Resource: Pernahkah kamu ... merasakan betapa repotnya mempunyai dua buah komputer tapi hanya satu printer? Logikanya begini, coba kamu hayalkan sebuah kantor yang mempunyai dua buah PC dan 1 printer. PC 1 berada di ruang 1 di lantai 1, dan PC 2 berada di ruang 2 di lantai 10.
Nah... bagaimana caranya agar ke dua PC bisa menggunakan printer tersebut? Gampang.. kalo PC 1 mau ngeprint tinggal pasang printer tersebut di PC1, and kalo PC 2 mo ngeprint?
Tinggal cabut printer di PC 1 dan Colokin di PC 2, gampang bukan? Iya... kalo jarak PC 1 dan 2 itu deket, nah ini 10 lantai.. bisa gempor.. naik turun... solusi lainnya.. ya.. beli printer 1 lagi dong Om!
Contoh diatas kalo kita tidak menggunakan network. Dengan networking, masalah seperti diatas bisa dengan mudah teratasi. Kamu tidak perlu membeli atau memindahkan printer dari satu PC ke PC lainnnya, atau memindahkan file menggunakan disket, flashdisk, dll, dari satu PC ke PC lainnya.
Networking bisa memenuhi semua kebutuhan itu. Coba hitung sendiri berapa banyak waktu, tenaga, dan biaya yang bisa dihemat berkat adanya sebuah networking.
  • Berbagi Aplikasi: Bukan perangkat keras saja yang bisa kita sharing, dengan networking juga bisa berbagi perangkat lunak, dalam hal ini misalnya aplikasi.
Networking bisa membuat kita mengakses dan menjalankan aplikasi yang terdapat dalam jaringan. Jadi kita tidak perlu menginstallnya pada setiap PC yang kita punya, lebih hemat bukan? Bukan!
Nah .. segitu dulu manfaat-manfaat yang bisa diberikan oleh sebuah networking. Sebenarnya masih banyak lagi, namun karena keterbatasan dana dan gairah, cukup segitu dulu.
Itulah gambaran secara kasar, sangar, dan brutal tentang manfaat dari sebuah networking. Aku tahu.. gambaran ini masih sangat jauh dari kenyataan yang sesungguhnya.
Untuk itu... mari... bersama-sama... baik secara sukarela maupun terpaksa... kita mempelajari lebih dalam lagi mengenai networking ini... agar supaya kiranya.. kita juga dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan dunia pada umumnya, dan akherat pada khususnya.. amin.

0 komentar:

Posting Komentar