BIOS Beep Code dan Cara Mengatasi Masalah

IOS adalah singkatan dari Basic Input output, Sistem yang dirancang untuk yang pertama sekali dijalankan oleh PC saat dihidupkan. Fungsi awal dari BIOS adalah untuk mengidentifikasi, menguji, dan inisialisasi hardware yang terpasang pada PC seperti VGA Card, CD/DVD ROM, hard disk, memori dan perangkat keras lainnya pada komputer.
Ketika komputer dihidupkan, komputer akan memperdengarkan suara bip tunggal (di beberapa komputer dengan jenis BIOS dapat berbunyi beep dua kali) dan melanjutkan dengan proses normal, tetapi jika ada masalah pada perangkat keras komputer, maka bios akan memperdengarkan bunyi bib sebagai kode kesalahan, jumlah bunyi serta panjang atau pendeknya bunyi bib tersebut merupakan kode kesalahan dari hardware yang terpasang pada komputer tersebut.
BIOS yang paling sering digunakan adalah AMI BIOS, AWARD, IBM dan PHOENIX. Kode kesalahan pada BIOS ditandai dengan bunyi bip panjang atau pendek atau kombinasi bunyi. Dengan software “Rizone Beeb Viewer” Anda dapat dengan mudah mengetahui masalah pada perangkat keras komputer dengan mendengarkan bip pada BIOS.
Software Rizone beeb Viewer adalah software gratis dan perangkat lunak yang kompatibel. Software ini portable, berisikan tentang keterangan lengkap arti dari bunyi beeb pada komputer anda dan juga terdapat beberapa jenis bios yang biasanya beredar untuk beberapa jenis motherboard. Anda dapat men-download software di sini

Penanggulanan pertama Jika Komputer Anda Memperdengarkan Kode Beep :
  1. Jika bunyi terdengar, berarti ada kesalahan setelah menambahkan hardware baru Cabut hardware tersebut untuk memastikan penyebab masalah. Jika setelah mencabut hardware tersebut dan komputer Anda kerja dengan normal, berarti komputer Anda tidak kompatibel dengan perangkat keras tersebut.
  2. Lepaskan, perangkat CD/DVD, disket atau USB (jika ada) dari hubungan ke motherboard dan kemudian reboot komputer Anda, jika Anda tidak lagi mendengar bunyi bip, hubungkan satu persatu perangkat dan boot komputer Anda lagi. Bila pada saat anda memasang perangkat terdengar suara bib pada saat komputer di boot, Ini menandakan peralatan tersebut mengalami kerusakan, coba lakukan perbaikan (service) atau ganti dengan yang baru.
  3. Pastikan semua fans pada komputer berjalan dengan baik. Jika kipas gagal bekerja pada komputer Anda dapat mengakibatkan overheating (processor panas). Kipas yang gagal bekerja dapat menyebabkan komputer tidak dapat reboot.
  4. Cabut kartu semua kartu yang terpasang pada komputer, seperti kartu video, kartu LAN, kartu suara atau lainnya dan pasang satu persatu, sampai anda menemukan kartu yang rusak.
  5. Jika keempat cara di atas tidak bekerja periksa power supply atau motherboard, kemungkinan terdapat komponen yang melemah.
Jika setelah melakukan semua metode di atas kesalahan masih muncul, mungkin motherboard, PSU, RAM atau VGA Card pada komputer Anda salah satunya rusak, anda harus mengganti komponen atau membawa komputer anda ke tempat service.

0 komentar:

Posting Komentar