Administrasi Jaringan Komputer Lintas Platform


Buku KomputerMempunyai jaringan komputer yang aman tentunya merupakan keinginan setiap administrator jaringan. Salah satu cara yang dipilih administrator adalah menggunakan Linux sebagai sistem operasi untuk komputer server. Pada komputer client, ternyata tidak mudah untuk berubah dari sistem operasi yang lama ke Linux dengan berbagai faktor dan sebab. Untuk itu diperlukan solusi agar pengguna tetap dapat menggunakan sistem operasi yang lama di komputer client, namun administrator bisa menggunakan Linux di komputer server.
Solusi untuk itu adalah mengombinasikan sistem operasi yang ada di dalam jaringan komputer. Beberapa client tetap menggunakan Windows meskipun server jaringan kmputer yang digunakan menggunakan Linux. Kombinasi inilah yang biasanya ditemukan di lapangan. Selain merupakan eksperimen yang menarik bagi pelajar, mahasiswa, dosen, dan praktisi TI, kombinasi tersebut merupakan solusi yang masuk akal dan merupaka win-win solution. Pengguna tidak terlalu dipaksa beralih sistem operasi dengan terburu-buru dan administrator dapat segera memanfaatkan keandalan Linux sebagai server jaringan komputer.
Buku ini membahas mengenai administrasi jaringan komputer dengan server Linux, namun client berbasis Windows 98, 2000, XP, dan Linux. Proses autentikasi komputer client berada di server, begitu pula dengan proses backup, pengaturan kouta tiap user, dan proses administrasi jaringan komputer lainnya.

  Administrasi Jaringan Komputer Lintas Platform (6.2 MiB, 4,886 hits)

0 komentar:

Posting Komentar